Mengenal Manga, Perbedaan Shounen, Seinen, Shoujo, Josei

30 Aug. 2019 ·  admin

Manga adalah suatu istilah kata dari jepang yang bisa diartikan sebagai komik, jadi manga merupakan komik yang berasal dari jepang. Biasanya komik atau manga menceritakan mengenai kebudayaan, bahkan kehidupan masyarakat yang ada di jepang. Selain itu, manga juga bisa didefinisikan sebagai sebuah komik yang berasal dari gaya Jepang  dan sudah dikenali dalam beberapa tahun yang lalu.

Popularitas dari manga ini sudah menjadi salah satu cerita yang bergambar dan kini banyak orang juga menyukai cerita dari komik tersebut. Dalam Negara yang beteknologi itu atau Jepang, manga juga disukai oleh beragam usia orang yang ada di Jepang, baik dikalangan remaja maupun orang dewasa. Maka dari itu, manga sudah digemari oleh berbagai orang yang ada di Jepang.

Manga pada saat ini menjadi buku cerita bergambar yang terpopuler di berbagai negara seluruh dunia, apalagi di negara Indonesia. Beberapa kategori yang ada di manga sudah menjadi bagian yang disukai oleh banyak orang, mulai dari kategori action, romantic, adventure, dan lain-lainnya. 

Nah setelah anda mengetahui tentang manga, kini kita akan membahas bersama tentang tema dari manga tersebut. Dalam manga atau komik jepang ini memiliki berbagai tema, seperti ada yang bertemakan shounen, seinen, shoujo dan juga josei. Nah mereka itu merupakan tema yang berasal dari manga tersebut. Berikut dibawah ini adalah penjelasan dari beberapa tema manga tersebut.

1.    Shounen

Target yang ditentukan untuk semua pencinta pada komik yang bertema shounen ini, sekitar usia 12 tahun sampai 18 tahun. Jadi, shounen merupakan salah satu cerita dari manga tersebut yang menunjukkan kepada para lelaki remaja. Dalam manga yang bertemakan seperti ini sudah banyak digemari oleh para kaum adam. Memang ceritanya tentang masa muda lelaki, namun tema yang bernama Shounen ini disukai oleh berbagai macam usia. Tak salah lagi kalau manga yang bertemakan shounen yang paling popular diberbagai macam manga lainnya.

Pada manga atau komik jepang shounen terdapat berbagai cirri khas tersendiri. Ini bisa dilihat dari tokoh-tokohnya, seperti tokoh utama remaja lelaki yang seperti kepahlawan. Bahkan tak hanya itu saja, bisa jadi ini juga merupakan salah satu remaja lelaki yang culun. Beberapa contoh komik yang bertema shounen, seperti Naruto, One Piece, Samurai Deeper Kyo, Captain Tsubasa, Haikyuu dan berbagai jenis manga lainnya.

2.    Seinen

Seinen dan shounen ini memiliki kesamaan, karena keduanya salah satu cerita yang ditujukkan kepada lelaki. Namun pada umumnya seinen hanya menargetkan untuk seorang laki-laki dewasa yang sekitaran usia mulai dari 19 sampai 30 bahkan lebih dari usia 30 bisa saja sampai usia 50-an. Cerita yang ada pada manga yang bertema seinen ini, biasan cerita komik tersebut akan lebih serius dan lebih realitas.

Manga seinen ini bisa dikategorikan  sebagai cerita yang mengandung kehidupan perkantoran, olahraga, masalah pribadi dan masalah seksual serta sampai ke politik. Contoh komik yang masuk dalam tema seinen ini, misalnya Space Brothers, 20 Century Boys, Gantz: G, Bakuman dan beberapa komik lainnya.

3.    Shoujo


Shoujo merupakan salah satu cerita yang biasa tertuju pada kaum mudah, cerita ini sama seperti shounen, namun sedikit berbeda saja. Apa sih yang bisa membuat Shouju dan seinen berbeda?. Memang dalam kedua tema ini memiliki kesamaan, namun bagi anda yang ingin melihat perbedaannya bisa dilihat dari tokoh utamanya. Kalau seinen yang tokoh utamanya adalah seorang mudah laki-laki, sedangkan pada shoujo tokoh utamanya seorang mudah perempuan.

Pada manga shoujo ini lebih menunjukkan drama dan hanya mengarahkan ke perasaan saja. Kategori dari tema ini, bisa dibilang salah satu kisah cinta tentang remaja. Beberapa komik yang bisa kamu baca dan termasuk di manga shoujo atau komik shoujo, seperti Tonari No Kaibutsu Kun, Kaichou Wa Maid-Sama, A Love Story In Moist Rainy Days dan beberapa komik lainnya.

4.    Josei


Josei merupakan salah satu jenis komik jepang atau disebut dengan manga, dimana manga ini akan bercerita tentang kehidupan seorang perempuan yang dewasa. Biasanya pada manga ini memiliki kesamaan dengan shoujo, ini karena adanya kisah cinta seorang perempuan. Namun pada manga ini akan lebih serius dari manga shoujo. Bahkan, manga josei ini akan membawa anda ke perasaan yang lebih realita untuk anda sebagai pembaca perempuan dewasa. Serial dari manga josei memang sangat jarang untuk kita temui, bahkan anda mungkin belum familiar dengan manga josei ini, misalnya Kuragehime, Loveless, Nodame Cantabile dan Paradise Kiss. 

Itu dulu yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai manga serta perbedaan dari shounen, seinen, shoujo dan josei. Semoga apa yang sudah kami sampaikan bisa bermanfaat bagi anda semua yang sudah membaca uraian diatas tadi. Nah bagi kalian yang masih belum paham atau belum mengerti, langsung saja tanya kepada kami melalui kolom komentar yang ada dibawah. Nanti kita akan bahas secara bersamaan.